Subhanallah, Kisah Rifdah Farnidah, Wanita Indonesia Kalahkan Arab Saudi di Lomba Hafalan Al-Quran Internasional di Nigeria


 Subhanallah, Kisah Rifdah Farnidah, Wanita Indonesia Kalahkan Arab Saudi di Lomba Hafalan Al-Quran Internasional di Nigeria


Rifdah Farnidah, wanita Indonesia mengalahkan Arab Saudi dan negara-negara lain dalam Musabaqoh Hifzhil Quran (MHQ) 30 juz di Family Quranic Competition 107 di Nigeria.


Rifdah Farnidah adalah seorang wanita asal kota Tahu Sumedang, Jawa Barat.


Beliau adalah dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Ilmu Quran (IIQ) Jakarta. Rifdah Farnidah berhasil menyisihkan 87 peserta lainnya dari berbagai negara, seperti Ghana, Liberia, Amerika Serikat, India, Arab Saudi, hingga Turki dalam ajang yang berlangsung 8-26 April 2022 itu.


Sebelumnya, Rifdah berhasil meraih Juara 2 MHQ di Yordania pada tahun 2018.


Beberapa prestasi juara yang diraih Rifdah adalah juara 2 MHQ di Yordania tahun 2018. Sedangkan di tingkat nasional, ia pernah menjadi juara reguler.


Juara 1 MTQ Nasional Cabang MHQ 5 juz Jamiyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) tahun 2012 di Kalimantan Barat, Juara 1 MTQ Nasional cabang MHQ 10 juz tahun 2016 di Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Juara 1 MTQ Nasional Cabang 30 juz Kalimantan Barat Tahun 2017.


Rifdah Farnidah mengaku terharu dan bersyukur atas prestasi yang diraihnya.


“Alhamdulillah saya bersyukur masih diberi kesempatan untuk mengikuti musabaqah di tingkat internasional dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia. Tentunya apa yang saya raih hari ini tidak lepas dari doa dan bimbingan dari guru-guru saya di Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sumedang dan Institut Sumedang. Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta," katanya di Jakarta, Selasa (17/5/2022).


Sementara itu Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Muhammad Ali Ramdhani, menyampaikan apresiasi dan kebanggaan yang sedalam-dalamnya.


“Ditjen Pendidikan Islam tentu bangga dan bersyukur atas pencapaian ini. Musabaqah Hifzh Al_Qur'an 30 juz kelas dunia diraih Indonesia melalui perguruan tinggi di bawah binaan Kementerian Agama. jauh dari pusat lahirnya Islam di Timur Tengah, namun secara faktual Indonesia mampu menjadi pemenang terbaik di kancah internasional. Tentunya Indonesia sangat bangga,” ujarnya.


Hal senada disampaikan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Amin Suyitno.


Dia memberikan apresiasi dan menyatakan bahwa ini adalah bukti bahwa perguruan tinggi agama Islam terus berkontribusi besar di tingkat dunia, khususnya di bidang Studi Al-Quran.


“Apalagi IIQ adalah gudangnya para penghafal dan penafsir Alquran yang menjunjung tinggi nilai-nilai keindonesiaan. Dari kandungan IIQ sudah banyak qari dan qariah yang mengharumkan nama bangsa ini,” ujar Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang.


Sementara itu, Dekan Fakultas Ushuluddin IIQ, Muh Ulinnuha juga berterima kasih dan menyampaikan apresiasi atas prestasi Rifdah Farnidah.


“IQ tetap konsisten dalam menghadirkan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ujarnya.


Ia juga menyampaikan harapannya agar IIQ terus menghasilkan duta-duta Al-Quran yang akan menang dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Related Posts

Posting Komentar