Geger Bayi Berusia 10 Hari Hilang di Jambi, Dikira Diculik, Ternyata Ini Yang Sebenarnya Terjadi


 Geger Bayi Berusia 10 Hari Hilang di Jambi, Dikira Diculik, Ternyata Ini Yang Sebenarnya Terjadi


Polisi mengungkap kasus dugaan penculikan bayi perempuan berusia 10 hari di Jambi, yang berdasarkan penyelidikan, tidak diculik, melainkan diberikan oleh ibunya kepada orang lain.


Kepala Satuan Reserse Kriminal Polda Jambi Kompol Indar Wahyu mengatakan, pihaknya menemukan bayi tersebut telah diadopsi oleh pasangan suami istri, RI (37) dan AN (25) sebagai pemberian dari ibu bayi tersebut.


Menurutnya, sang ibu memberikan bayi (adopsi) kepada orang lain tanpa sepengetahuan suaminya dengan mahar Rp 8 juta.


"Modus operasinya ada pemberian bayi dari ibu kepada adopter tanpa seizin suaminya, sehingga kejadian tersebut dilaporkan suami ke polisi. Keluarga besar suami juga tidak tahu, sehingga suami merasa dirugikan atas kejadian ini," ujarnya, Kamis (29/6/2023).


Berdasarkan pemeriksaan, diketahui bahwa ibu tersebut memberikan bayinya kepada orang lain karena pelaku khawatir tidak dapat memenuhi kebutuhan anaknya dengan alasan faktor ekonomi.


Padahal, proses adopsi anak, lanjut Indar, memiliki mekanisme tersendiri yang harus dilaksanakan melalui putusan pengadilan.


“Adopsi anak diatur dalam UU Perlindungan Anak, ada mekanismenya sehingga tidak bisa diadopsi secara tidak sah,” ujarnya.


Sementara pasangan RI (37) dan AN (25) beralasan mengadopsi bayi tersebut karena belum memiliki anak. Saat ini, keduanya bersama ibu bayi A (27) ditahan di Polres Jambi.


Dalam kesempatan yang sama, Agus, ayah dari bayi tersebut menjelaskan, peristiwa hilangnya bayi tersebut terjadi pada Minggu (25/6) sekitar pukul 06.00 WIB. Dia tidak tahu bahwa semua ini adalah permainan ibu bayi.


Ia kaget saat mengetahui bayinya diadopsi oleh orang lain oleh istrinya tanpa sepengetahuannya. Sebelumnya, ia mendapat informasi bahwa istrinya sedang mencari calon adopter melalui media sosial. Dari pengakuan sang istri, bayi mereka dibayar Rp. 8 juta dari pengadopsi.


Saat ini, bayi tersebut bersama ayahnya, Agus dan keluarga. Namun, istrinya harus ditahan akibat kasus tersebut.


Sebelumnya, seorang bayi berusia 10 hari dilaporkan hilang di Desa Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, diduga akibat menjadi korban penculikan

Related Posts

Posting Komentar