Ajaran Islam inilah yang membuat Lukman Sardi ragu hingga memutuskan memeluk agama Kristen


 Ajaran Islam inilah yang membuat Lukman Sardi ragu hingga memutuskan memeluk agama Kristen


Aktor Lukman Sardi memutuskan untuk pindah agama dari Islam ke Kristen.


Pindahnya Lukman Sardi dari Islam ke Kristen bukan karena ingin menikahi Pricillia Pullunggono, yang kini menjadi istrinya.


Bagi Lukman Sardi, berpindah agama dari Islam ke Kristen adalah sebuah perjalanan hidup.


Lukman Sardi dibesarkan dari orang tua Muslim.


"Saya pada dasarnya seorang Muslim. Saya juga diajari bagaimana menjadi seorang Muslim yang baik dan benar oleh ayah dan ibu saya. Bukan dengan cara yang fanatik," kata Lukman Sardi di YouTube Daniel Mananta Network.


Meski tidak fanatik, orang tua Lukman Sardi telah menanamkan ajaran agama sejak dini, seperti shalat lima waktu, membaca Alquran.


Namun selama perjalanan, banyak pertanyaan muncul di benak Lukman Sardi.


“Jujur, saat itu hal yang paling membuat saya bertanya-tanya adalah guru agama saya selalu menyebutkan bahwa orang di luar agama ini akan masuk neraka. Sementara itu, saat itu saya sedang dalam proses pencarian. Saya ingin tahu ,” kata Lukman.


Hal ini membuat Lukman terus memikirkan konsep Tuhan.


“Lalu saya berpikir, bukankah dia mengatakan Tuhan itu Maha Besar, maka itu berarti Tuhan itu sangat kecil. Saya pikir. Saya bertanya mengapa? Dan saya tidak pernah mendapat jawaban yang jelas, benar,” jelas Lukman Sardi.


"Kasarnya, misalkan ada agama A dan B. A percaya kalau tidak masuk A, masuk neraka. A percaya masuk surga tapi hidupnya kacau balau," kata Lukman.


"Sementara B telah distigmatisasi, dia tidak akan masuk surga, tetapi dia menjalani kehidupan yang baik dan benar. Dia melakukan sesuatu untuk kebaikan orang lain. Jalani kehidupan yang baik, tetapi kemudian Tuhan berkata kamu tidak akan masuk neraka. Itu kira-kira seperti apa yang ada di benak saya. Gua adalah pertanyaan yang membuat saya terus berjalan," kata Lukman Sardi.


Pertanyaan itu ternyata cukup mengganggu pikiran Lukman Sardi. Namun, Lukman Sardi tidak serta merta memutuskan pindah agama saat itu.


Ada perjalanan panjang yang ia tempuh hingga akhirnya ia memutuskan untuk pindah agama dari Islam ke Kristen.


"Itu skenario Tuhan. Kenapa kata-kata cinta datang ke gua. Kenapa saya ditemukan bersamanya (istri) pada saat saya tidak percaya untuk menikah. Itu luar biasa menurut saya," jelasnya.


Lukman Sardi kemudian berdoa memohon petunjuk dan pasrah pada keputusan Tuhan tentang jalan hidupnya.


Hingga akhirnya Lukman Sardi mendapat bonus perjalanan umroh setelah membintangi film Nagabonar Jadi 2.


Saat umrah di tanah suci, Lukman Sardi sempat emosi saat ingin mencium habbatussauda. Lukman Sardi marah karena dia bahkan tidak bisa mendekati Hajar Aswad.


Tiba-tiba yang muncul di benaknya adalah kata-kata cinta yang pernah diajarkan kakeknya. Lukman Sardi kemudian mempraktekkan konsep cinta.


Dia membiarkan orang lewat sampai Lukman tanpa sadar sudah dekat dengan Hajar Aswad.


Lukman tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Ia langsung mencium Hajar Aswad. Bahkan Lukman mengatakan, dia diberi waktu lebih oleh penjaga untuk mencium batu hitam itu.


Usai umrah, Lukman Sardi semakin bertekad memeluk agama Kristen.

Related Posts

Posting Komentar