Detik-detik Santri Penghafal 30 Juz Al-Qur'an Tenggelam di Sungai Ogan Ilir


 Detik-detik Santri Penghafal 30 Juz Al-Qur'an Tenggelam di Sungai Ogan Ilir


Kasus tenggelamnya santri saat mandi di sungai, kembali membawa duka bagi warga Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel).


Dari informasi yang dihimpun, kejadian ini terjadi pada Sabtu (30/10/2020) pagi sekitar pukul 10.00 WIB.


Awalnya, Zaki dan 19 santri lainnya didampingi oleh pengawas ustaznya berangkat ke Desa Munggu, Kecamatan Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir, pada Jumat (29/10/2020) sore.


Setelah sampai di Desa Minggu, para santri tersebut menginap di rumah Aji Dermawan yang merupakan salah satu santri pondok pesantren.


Kapolsek Muara Kuang Ogan Ilir, Ipda Hendri Rozin, keesokan harinya, Zaki dan 15 siswa lainnya mandi di Sungai Ogan di desa setempat. Saat puluhan siswa berenang dan menyebrangi sungai, ada beberapa orang yang tersapu arus sungai.


“Diduga akibat derasnya arus sungai, beberapa santri yang diduga lelah ikut terbawa arus,” ujarnya.


Dari beberapa siswa yang terhanyut, hanya korban yang tidak terlihat. Murid-murid yang lain sempat berusaha membantu Zaki, namun santri yang hafal Alquran 30 juz tersebut terbawa arus deras.


Setelah mendengar santri tersebut hanyut, pihak Polsek Muara Kuang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan warga di Ogan Ilir pun ikut mencari keberadaan santri tersebut.


Menurut Kabag Humas Ponpes Al Ittifaqiah, Ogan Ilir Feri, korban dan belasan santri itu tidak berniat berenang menyeberangi sungai, namun saat mandi tiba-tiba aliran sungai sangat deras.


“Ada empat santri yang berusaha membantu, namun karena derasnya air, Zaki masih terbawa arus,” ujarnya.


Beberapa saat setelah itu, siswa lainnya langsung meminta bantuan masyarakat. Selang beberapa menit, masyarakat Desa Munggu, Polsek dan BPBD Ogan Ilir bergotong royong mencari Zaki.


Feri menyampaikan, santri yang datang ke Desa Munggu itu bukan dalam rangka pelaksanaan program pesantren, melainkan atas undangan warga.


“Ada warga yang menggelar ucapan selamat dan ingin mengajak anak-anak yang menghafal Al-Qur'an dari Pondok Pesantren Al Ittifaqiah. Ini termasuk ananda Zaki,” kata Feri.


Zaki sendiri masih duduk di bangku kelas 3 Madrasah Aliyah (MA) Al Ittifaqiah. Selain menghafal Alquran 30 Juz sejak kelas 9 MTs, Zaki merupakan siswa teladan dan peraih beasiswa di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Related Posts

Posting Komentar