6 Tips Ampuh Mencegah dan Membasmi Tikus di Rumah


 6 Tips Ampuh Mencegah dan Membasmi Tikus di Rumah


Kemunculan tikus di dalam rumah tak lain adalah mencari makanan, kehangatan, atau tempat berteduh.


Hewan pengerat ini sering menyebabkan kerusakan di rumah seperti mengunyah kabel listrik, menggerogoti kayu, masuk ke lemari, dan merusak makanan dengan menggerogoti tas penyimpanan, bahkan wadah plastik.


Tikus berkembang biak dengan cepat dan menyebarkan penyakit di rumah. Tikus meninggalkan jejak urin dan feses yang mengandung bakteri dan virus penyebab penyakit seperti hantavirus, pes, dan leptospirosis.


Tikus juga dapat melewati ruang sempit karena ukurannya yang kecil. Bahkan celah atau lubang sekecil seperempat inci pun bisa dilewati sehingga perlu untuk menutup setiap retakan di dalam rumah.


Untuk itu keberadaan tikus di dalam rumah perlu segera dibasmi agar kebersihan rumah dan kesehatan anggota keluarga tetap terjaga.


Tanda-tanda keberadaan tikus di dalam rumah bisa dilihat dari adanya kotoran tikus, tempat sampah yang berantakan, makanan atau wadah makanan yang tergerogoti, dan kabel listrik yang rusak.


Berikut tips mengusir tikus di dalam rumah dan cara mencegahnya.


1. Memelihara kucing


Cara mudah mengusir tikus di dalam rumah adalah dengan memelihara kucing. Seperti diketahui, kucing adalah musuh tikus.

Jika tidak ada anggota keluarga Anda yang alergi kucing, cobalah memelihara kucing di rumah. Namun, jika memelihara kucing bukanlah pilihan, belilah kotoran kucing dan sebarkan ke area yang paling sering dikunjungi tikus.


Ini dapat bertindak sebagai tindakan pencegahan. Pastikan untuk menjauhkan kotoran kucing dari jangkauan anak-anak, wanita hamil, orang tua, dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.


2. Gunakan minyak esensial


Aroma yang kuat dari minyak peppermint dan minyak cengkeh dapat membunuh tikus di dalam rumah. Untuk membuatnya, basahi bola kapas dengan minyak esensial dan letakkan di area yang menarik tikus seperti laci, lemari, dan pintu.


Meskipun baunya tidak akan cukup untuk mengusir tikus sepenuhnya, baunya bisa digunakan bersama dengan metode lain.


3. Pasang perangkap manusiawi


Memasang perangkap manusiawi merupakan salah satu tips mengusir tikus di dalam rumah. Kiat-kiat ini menjaga tikus tetap hidup dan melepaskannya. Tempatkan perangkap di area rumah yang paling sering didatangi tikus dan periksa setiap pagi.

Tikus biasanya keluar mencari makan pada malam hari. Contoh makanan yang baik untuk menarik tikus termasuk selai kacang, keju, dan popcorn mentega.


Pastikan untuk melepaskan tikus yang ditangkap setidaknya satu mil jauhnya dari rumah dan sebaiknya tidak di daerah yang berpenghuni. Jangan menyentuh tikus secara langsung untuk menghindari penyakit yang mungkin dibawanya.


4. Coba solusi cabai


Umpan beracun mungkin tampak seperti solusi yang mudah, tetapi juga bisa berisiko. Racun dapat membahayakan hewan peliharaan dan anak-anak di rumah.

Jadi, lebih aman menggunakan umpan dan perawatan yang tidak beracun seperti larutan cabai pekat. Semprotkan larutan di tempat-tempat yang sering dikunjungi tikus, tetapi jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan seperti di bawah kompor atau di belakang lemari.


5. Kemas ruang dengan wol baja


Selanjutnya, tips mengusir tikus di rumah adalah dengan memasukkan steel wool ke dalam ruang sempit yang suka dimasuki tikus. Wol baja tidak mungkin dan tidak menyenangkan bagi tikus untuk dikunyah. Itu juga dapat membuat pencegah alami untuk tikus


6. Blok dengan lakban


Setelah Anda mengidentifikasi beberapa titik masuk tikus, seperti di bawah wastafel, di sekitar pipa, atau di belakang lemari yang terdapat kabel, tutupi area tersebut dengan selotip atau lakban agar tikus tidak dapat masuk ke dalam rumah.

Related Posts

Posting Komentar