4 Wasiat Dorce Gamalama Sebelum Meninggal: Air Zamzam Hingga Pengurusan Jenazah

Posting Komentar


 4 Wasiat Dorce Gamalama Sebelum Meninggal: Air Zamzam Hingga Pengurusan Jenazah


Dunia hiburan sedang berduka. Dorce Gamalama meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug pada Rabu (16/2/2022). Teman Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya, mengabarkan Dorce Gamalama positif Covid-19 tiga pekan lalu. Dorce dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya menurun.


Kini, takdir berkata lain, Dorce Gamalama yang telah berjuang selama beberapa minggu akhirnya meninggal dunia. "Meninggal pukul setengah delapan. Mohon maaf atas kesalahan dan dosanya selama ini," kata Hetty Sunjaya dalam pesannya kepada awak media.


Sebelum kematiannya, Dorce Gamalama telah membuat setidaknya empat wasiat untuk dilaksanakan. Namun, salah satunya justru menuai pro dan kontra bahkan dari para ustadz. Lalu, apa saja wasiat artis bernama lengkap Dedi Yuliardi Ashadi itu? Berikut adalah empat di antaranya.


1. Punya keranda hingga makam sendiri sendiri


Persiapan yang juga menjadi wasiat lainnya adalah peti mati dan tempat pemakaman. Sama seperti kafan, Dorce Gamalama juga memiliki peti mati untuk membawa jenazahnya.


Sementara itu, pembawa acara Dorce Show telah menyiapkan pemakaman tak jauh dari rumahnya.


"Rumah saya di Lubang Buaya, dekat masjid. Sekarang masjid di sebelahnya ya, ada tanah yang sudah disiapkan di sana," kata Dorce Gamalama di saluran YouTube Denny Sumargo.


2. Donasi 4,000 baju


Selain itu, ada wasiat lain untuk keluarga. Dorce Gamalama berharap setelah kematiannya, sebagian pakaiannya akan disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.


"Kalau saya mati, saya belum siap untuk mewarisi, ini akan saya bagikan. Dorce Show. Ada 4.000-an," kata Dorce Gamalama.


3. Proses pengurusan jenazah sebagai perempuan


Dorce Gamalama adalah seorang transgender. Namun, ketika dia meninggal, dia ingin proses tubuhnya ditangani secara perempuan.


"Ya, seperti saya sekarang. Karena setelah saya operasi, saya memiliki alat kelamin wanita, mandikan saya dengan seorang wanita, sebagai seorang wanita," kata Dorce Gamalama di saluran YouTube Denny Sumargo.


Hal ini menjadi pro dan kontra dan menimbulkan protes dari sejumlah ulama kepada masyarakat. Karena sesungguhnya jika Dorce Gamalama meninggal, ia harus dikembalikan sebagai kodratnya yang laki-laki.


4. Siapkan kain kafan yang sudah dicuci dengan air zamzam


Tak hanya soal proses perawatan jenazah, Dorce Gamalama juga sudah menyiapkan kain kafan. Kain putih panjangnya 20 meter dan sudah dicuci bersih.


"Ini saya cuci dengan air zamzam," kata Dorce Gamalama di kanal YouTube CumiCumi tahun 2020.

Related Posts

Posting Komentar