Gunung Semeru Kembali Erupsi, Warga Sekitar Lokasi Panik

Posting Komentar


 Gunung Semeru Kembali Erupsi, Warga Sekitar Lokasi Panik


Gunung Semeru kembali erupsi. Gunung tertinggi di pulau Jawa ini meluncurkan awan panas longsoran besar atau APG. Warga di sekitar lokasi panik. Mereka diperintahkan untuk menjauh.


Peristiwa ini terjadi pada pukul 09.00 WIB. Warga yang berada di lokasi rawan bencana berada di Dusun Umbulan, Curah Kobokan, dan Dusun Kajar Kuning, Kecamatan Pronojiwo. Mereka dievakuasi oleh petugas gabungan.


Di lokasi, terlihat awan panas yang cukup besar searah aliran lahar sungai Besuk Sat menuju Dusun Kamar Kajang dan Dusun Kobokan Curah.


“Awan panas membuat warga panik meninggalkan rumahnya di tiga dusun tersebut, dan petugas langsung melakukan evakuasi,” kata relawan asal Malang yang berada di posko Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Dwi Prasetyo, Kamis. (16/12). /2021).


Sebelumnya, Kepala Stasiun Geofisika Tretes BMKG, Kabupaten Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro yang berada di posko relawan BMKG di Semeru, mengatakan ada laporan adanya longsoran lahar.


"Informasi dari lapangan ada longsoran lahar besar," kata Djati.


Djati mengatakan, pihaknya saat ini berada di posko BMKG. Sedangkan cuaca di lokasi yang cerah berawan sehingga awan yang turun tidak terlihat.


“Kami laporkan tim posko BMKG Stasiun Meteorologi Juanda sudah berada di posko Lumajang sejak tadi malam. Informasi cuaca hari ini mendung. Sedangkan dari posko tempat saya tinggal masih jauh, sekitar 30 menit, namun kondisi cuaca mendung. menutupinya. puncak gunung sehingga dari kejauhan tidak terlihat," tutupnya.

Related Posts

Posting Komentar