Kronologi Masjid di Kalbar Dihancurkan Massa, Alissa Wahid: Masa Dibiarkan, Pak Jokowi?

Posting Komentar


 Kronologi Masjid di Kalbar Dihancurkan Massa, Alissa Wahid: Masa Dibiarkan, Pak Jokowi?


Salah satu putri Gus Dur, Alissa Wahid, memberikan tanggapan terkait perusakan masjid oleh sekelompok orang di Kalimantan Barat.


Melalui cuitan yang diunggah di akun Twitternya, Jumat (3/9/2021) Alissa mengunggah beberapa video yang memperlihatkan perusakan masjid.


Masjid yang dirusak gerombolan massa adalah masjid Ahmadiyah di Sintang, Kalimantan Barat.


Menurut Alissa, tindakan sejumlah orang yang merusak masjid, apapun alasannya, tetap dianggap perbuatan melawan hukum.


Alissa mengatakan tindakan tersebut telah melanggar hak konstitusional warga negara dan merupakan tindakan teror. Ia bahkan menyebut akun Twitter Presiden Jokowi dalam cuitan tersebut.


“Sekelompok orang mengatasnamakan umat Islam menghancurkan masjid Ahmadiyah di Sintang. Apapun alasannya, ini adalah pelanggaran hukum: perusakan bangunan milik orang, pelanggaran hak konstitusional warga negara, aksi teror, dll. Masa praktek seperti ini dibiarkan pak @jokowi?" tulisnya di twit.


Dalam tweet berikutnya, Alissa menyoroti kehadiran polisi dalam insiden tersebut. Ia bingung kenapa perusakan masjid tetap terjadi meski polisi sudah datang.


"Ada garis polisi di sana pada saat vandalisme ini terjadi. Saya tidak tahu kenapa perusakan bisa dibiarkan, Pak @jokowi," tulis Alissa.


Alissa juga mengatakan bahwa hak beribadah merupakan hak konstitusional yang pemenuhannya dijamin oleh negara.


"Hak beribadah itu hak konstitusional. Pemenuhannya dijamin oleh negara. Triliunan rupiah kita keluarkan untuk memilih presiden & kepala daerah, ya untuk melaksanakan itu," tulisnya.


Masjid yang terekam dalam video tersebut adalah masjid Ahmadiyah yang dirusak ratusan orang usai salat Jumat.


Massa yang datang dan merusak masjid, menggunakan berbagai alat mulai dari kayu, bambu, hingga batu.


Masjid merupakan tempat ibadah milik Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI). Bangunan masjid terletak di Desa Balai Harapan, Kecamatan Tempurak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Related Posts

Posting Komentar