Masya Allah, tahun 2030 Ramadhan akan berlangsung 2 kali dalam setahun


 Masya Allah, tahun 2030 Ramadhan akan berlangsung 2 kali dalam setahun


Tahun 2030 akan menjadi tahun istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Pasalnya, bulan tersebut penuh dengan berkah yaitu Ramadhan yang akan berlangsung dua kali dalam setahun.

Sama seperti kalender Masehi, kalender Hijriah memiliki 12 bulan yang terdiri dari Muharam, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Syaban, Ramadhan, Syawal, Dzulkaidah dan Dzulhijah.


Keduanya punya 12 bulan dalam setahun, kalender Masehi standar dengan 365 hari, sedangkan kalender Hijriyah 355 hari. Artinya ada perbedaan 10 hari atau 11 hari (dibandingkan tahun kabisat) dalam satu tahun.


Perbedaan ini menyebabkan bulan puasa ini lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya. Jika itu terus berlanjut, Ramadhan akan hadir dua kali dalam setahun.


Seperti dikutip dari Mashable, Minggu (2/5/2021) Ramadhan akan berlangsung dua kali dalam setahun pada tahun 2030. Hal itu terjadi karena, Ramadhan pertama jatuh di awal tahun dan kedua di akhir tahun Masehi.


Berdasarkan penanggalan kalender Hijriah 1451-1452, Ramadhan pertama jatuh pada tanggal 5 Januari 2030, dan Ramadhan kedua jatuh pada tanggal 26 Desember 2030.


Sepertinya tak hanya Ramadhan, Idul Fitri juga hadir dua kali dalam setahun. Namun kejadian ini bukan pada tahun 2030, melainkan tiga tahun ke depan atau 2033.


Ternyata, Ramadhan dua kali setahun bukanlah yang pertama. Pada tahun 2000 terjadi peristiwa serupa, dimana Ramadhan juga terjadi di awal dan akhir tahun masehi.


Bagaimanapun, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, terutama dalam berpuasa di tengah pandemi yang sedang terjadi ini.

Related Posts

Posting Komentar