Kisah seorang ibu yang menyesal setelah bayinya meninggal karena memaksakan ASI Eksklusif


 Kisah seorang ibu yang menyesal setelah bayinya meninggal karena memaksakan ASI Eksklusif


Ini adalah kisah seorang ibu yang menyesali aturan rumah sakit anak tempat ia melahirkan.


"Landon akan berusia 5 tahun hari ini jika dia masih hidup. Kebanyakan anak-anak akan mulai masuk taman kanak-kanak pada usia ini. Tapi bukan bayi saya. Saya ingin berbagi cerita ini sejak lama tentang apa yang terjadi pada Landon, tetapi saya selalu takut akan hal itu. apa yang orang lain katakan dan bagaimana saya akan dihakimi. Tapi saya ingin orang tahu seberapa besar rasa sakit dan penyesalan yang saya rasakan, ”ucap Jillian.


Cerita dimulai dengan kelahiran Landon. Anak pertama pasangan Johnson lahir di rumah sakit yang menyebut agensi tersebut sebagai "rumah sakit ramah anak". Artinya jika ibu tidak menderita penyakit yang serius seperti kanker maka setiap bayi yang lahir harus mendapat ASI eksklusif dari ibunya.


Sedangkan Jillian didiagnosis gagal dan tertunda laktogenesis II yang merupakan faktor risiko kegagalan atau keterlambatan produksi ASI yang diidentifikasi oleh konsultan laktasi IBCLC. Penyebabnya berkisar dari diabetes, PCOS, masalah dengan ketidaksuburan, puting kecil dan tidak berkembang selama kehamilan, dan menjadi ibu baru melalui operasi caesar darurat.


Namun, ia didorong untuk menyusui secara eksklusif, sesuai dengan kebijakan rumah sakit yang mendorong ibu untuk memberikan ASI eksklusif. Jill diawasi secara ketat oleh perawat, konsultan laktasi, dan dokter pendukung. Kelekatan bayi juga dinilai sangat baik.


Saat lahir, Landon memiliki berat sekitar 3,7 kg dan dalam tiga hari, beratnya turun sekitar 9,7%.


“Setelah lahir, Landon dikirim ke Unit Ibu dan Bayi. Dia dikembalikan kepada saya 2,5 jam kemudian untuk menyusui. Landon mendapat ASI Eksklusif selama 15 - 40 menit setiap 1-2 jam sekali, ”jelas Jillian.


Sebagai ibu baru, Jillian selalu berusaha mendengarkan apapun yang dikatakan dokternya. Ini termasuk ketika dia mengeluh bahwa dia merasa terlalu sedikit ASI yang keluar dari payudaranya. Ia merasa kondisi ini membuat putranya terus menangis.


Namun para dokter di rumah sakit terus memotivasi Jillian untuk menyusui anaknya apapun yang terjadi. Ia mengatakan, reaksi Landon yang menangis terus menerus karena beberapa bayi perlu beradaptasi lebih lama dari bayi lainnya.


Ketika Jillian berkonsultasi dengan spesialis laktasi di rumah sakit tentang Landon, ahli laktasi mengatakan dia memulai dengan baik dengan keterikatan yang sempurna. Bahkan jika riwayat sindrom ovarium polikistik (PCOS) membuat hormon hanya memproduksi sedikit ASI.


Pakar laktasi menyarankan agar PCOS yang membuat produksi ASInya sedikit, bisa diobati dengan obat herbal setelah keluar dari rumah sakit nanti.


"Dalam 24 jam pertama, saya sudah menyusui Landon selama 9,3 jam. Popok tidak ada yang basah akibat kencing ganti dan jumlah popok yang harus diganti karena kotor adalah 4 popok."


Dia melanjutkan, "Dalam 27 jam pertama, Landon telah kehilangan 4,76% dari berat badannya. Sesi menyusui juga menjadi lebih sering dan lebih lama. Sampai-sampai dia terus menyusu pada hari kedua hidupnya. Pada hari kedua, dia membuahkan hasil. 3 popok basah. "


Meski curiga ada yang tidak beres dengan bayinya, Jillian tetap tenang karena dokter terus mengontrol kesehatannya yang masih dalam masa pemulihan pasca operasi caesar dan kesehatan bayinya.


Dia diyakinkan oleh para dokter bahwa sains menunjukkan korelasi antara jumlah popok basah anak-anak dan penyerapan nutrisi ini tidak berlaku dalam 4 hari pertama kehidupan bayi. Tidak perlu khawatir dengan kondisi anak karena kata dokter hanya ada satu kuncinya, "Menyusui anak Anda."


Dengan izin dokter, setelah 3 hari di rumah sakit Jarrod dan Jillian memutuskan untuk membawa pulang anak mereka.


Saat di rumah, Landon terus menyusui hingga akhirnya ia menjadi tidak responsif dan tertidur kelelahan akibat kesulitan menyusui. Tubuhnya mulai membiru dan denyut nadinya menghilang.


Jarrod melakukan pertolongan pertama pada CPR dan Jillian sibuk menelepon nomor darurat untuk segera membawa ambulans ke rumahnya.


Pada saat mereka tiba di ruang gawat darurat, Landon ditemukan mengalami detak jantung tanpa tekanan darah. Dia kemudian diintubasi dan menerima beberapa putaran epinefrin. Dia mengalami hipotermia dengan suhu 93,1 F. Setelah 30 menit CPR, tidak ditemukan aktivitas jantung pada USG.


Dengan persetujuan orang tua, CPR dihentikan dan Landon tetap menggunakan ventilator sambil terus menerima saline IV. 20 menit kemudian, dengan cairan IV, dia mendapat denyut nadi lagi. Landon dinyatakan koma dan dipindahkan ke NICU level II untuk mendapatkan perawatan bagi bayi yang mengalami cedera otak.


Menurut dokter, Landon didiagnosis dengan dehidrasi hipernatremia dan serangan jantung akibat syok hipovolemik.


Landon menjalani pemindaian MRI otak di rumah sakit, dan dipastikan mengalami cedera otak yang konsisten dengan ensefalopati hipoksik-iskemik atau cedera otak karena kekurangan oksigen akibat tekanan darah rendah akibat dehidrasi dan serangan jantung.


Dia juga didiagnosis dengan aktivitas kejang difus pada EEG, konsekuensinya adalah cedera otak yang meluas dan parah. Melihat prognosis yang buruk dan tidak mungkin untuk diselamatkan, Landon akhirnya dicabut dari dukungan kehidupan 15 hari kemudian.


"Apa maksudmu dehidrasi? Putraku selalu di payudaraku untuk disusui," tanya Jill saat berada di ruang gawat darurat.


Saat itu, dokter di NICU menuturkan sepenggal nasehat yang dengan menyesal tidak pernah diberikan oleh dokter sebelumnya, “Tentu ASI adalah makanan terbaik untuk anak saat ia lahir. Tapi berikan susu dalam botol jika ibunya produksi ASI tidak cukup, agar anak tidak kelaparan. "


Jillian menyesal tidak mengetahui pengetahuan ini sebelumnya. Dia berharap jika dia hanya memberinya satu botol susu, mungkin Landon masih hidup dan sekarang tumbuh menjadi anak berusia 5 tahun yang sehat.


Dengan pengalamannya tersebut, Jillian mengimbau para ibu untuk tidak memaksakan idealisme menyusui saat payudara tidak cukup membuat bayinya kenyang. Karena pada waktu-waktu tertentu, memberikan tambahan ASI bisa menjadi cara terbaik untuk menyelamatkan nyawa bayi.


Sejauh ini, literatur ilmiah juga menunjukkan bahwa bayi yang kehilangan berat badan lebih dari 7% memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kuning parah dan hipernatremia (kondisi natrium dalam darah terlalu tinggi karena tubuh kekurangan cairan).


Tahukah Anda bahwa bayi tidak boleh menangis sepanjang waktu? Tahukah Anda bahwa bayi harus buang air kecil sesering sedang menyusui? Tahukah Anda bahwa menidurkan bayi tidak berarti ASI yang keluar sebanyak yang diharapkan? Tahukah Anda berapa berat yang harus dimiliki bayi dan berapa banyak cairan yang harus dikeluarkan bayi? "tulis Jullian.


The Fed juga menyarankan para ibu dan tenaga medis untuk mendidik diri mereka sendiri dengan pengetahuan yang cukup tentang kebutuhan bayi. Cara lain adalah mencoba mencari donor ASI dari ibu yang lebih mampu.


Apa yang menimpa Landon menjadi pelajaran hidup yang penting bagi Julian, sehingga ia mulai membekali dirinya dengan segudang ilmu sebelum memutuskan untuk hamil lagi. Kami benar-benar harus belajar banyak hal agar menjadi lebih baik.


Kami juga menghimbau para ibu untuk selalu aktif mencari informasi kesehatan terkait bayi dan proses menyusui.

Related Posts

Posting Komentar