Wajib Perhatikan, 7 Hal Sepele Ini Bisa Menghilangkan Pahala Puasa, Jangan Sampai Dilakukan


 Wajib Perhatikan, 7 Hal Sepele Ini Bisa Menghilangkan Pahala Puasa, Jangan Sampai Dilakukan


Beberapa kebiasaan sepele berikut ini ternyata bisa mengurangi pahala berpuasa


Di bulan yang penuh berkah ini, umat Islam didorong untuk bersaing dalam kebaikan. Pasalnya, di bulan Ramadhan, semua amalan yang dilakukan akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Tentunya Anda tidak akan menyia-nyiakan bulan puasa yang hanya datang setahun sekali ini untuk beribadah dan menabung pahala untuk akhirat.


Seperti yang kita ketahui, ada beberapa hal yang dapat membatalkan kepuasan Anda, seperti makan dan minum dengan sengaja. Tapi ternyata, ada juga hal-hal sepele yang bisa mengurangi reward atas kepuasan kamu, apa saja?


1. Berbicara tentang Orang Lain


Berbicara tentang orang lain atau lantunan adalah perilaku yang dapat mengurangi pahala puasa.

Ada pepatah yang mengatakan "namanya wanita pasti suka gosip". Namun, ternyata hal tersebut dilarang sama sekali saat berpuasa. Anda bisa kehilangan pahala atas puasan karena Anda senang berbicara tentang orang lain. Daripada bergosip, ada baiknya Anda menyibukkan diri dengan ibadah lainnya agar puasan Anda menghasilkan lebih banyak pahala.


2. Mengatakan Kebohongan


Bulan Ramadhan adalah bulan suci dan kita dituntut untuk menjaga diri dari perbuatan yang dilarang. Berbohong tentunya tidak baik dan bisa mengurangi pahala puasa. Meskipun apa yang kamu katakan hanyalah kebohongan kecil, kamu tetap saja berbohong. Hati-hati, jangan sampai amalan kita berkurang karena kita mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan.


3. Bertengkar dengan Orang Lain


Selain memutuskan ikatan, perkelahian juga mengurangi pahala puasa

Jika seseorang membuat Anda kesal, buka saja hati Anda dan maafkan. Memaafkan orang lain lebih mulia dari pada perkelahian yang pada akhirnya menghabiskan energi Anda. Selain buang-buang tenaga, marah-marah pada orang lain juga bisa mengurangi pahala puasa. Jika Anda sabar, maka Anda akan menuai banyak pahala pada akhirnya.


4. Berbicara Kotor dan Kasar


Sebagai Muslim, kita diajarkan untuk berbicara dengan lembut dan tidak mengucapkan kata-kata kasar bahkan ketika kita sedang marah. Bahkan jika itu tidak membatalkan puasa Anda, berbicara kasar atau kotor dapat mengurangi pahala Anda untuk berpuas diri. Tentunya Anda tidak ingin menahan lapar dan haus sepanjang hari, namun ternyata pahala Anda atas puasa tidak sempurna karena Anda tidak bisa tutup mulut.


5. Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lain


Melindungi jantung dari segala jenis penyakit telah dianjurkan bagi setiap Muslim. Penyakit jantung seperti cemburu dan iri sangat berbahaya. Jika Anda melihat orang lain bahagia, berbahagialah seperti dia. Jangan cemburu, apalagi tidak menyukai kebahagiaan mereka. Anda dapat menemukan lebih banyak hal untuk disyukuri daripada sekedar cemburu pada orang lain.


6. Berduaan dengan mereka yang bukan Muhrim


Bagi kamu yang punya pacar tentunya hal ini menjadi perhatian yang harus kamu hindari. Sendirian dengan lawan jenis yang bukan mahram bisa mengurangi pahala puasa. Jika biasanya kamu suka jalan-jalan bareng atau memanjakan pacarmu, maka di bulan puasa ini kamu harus mulai menghindarinya. Jika Anda ingin bertemu dengan pacar Anda, alangkah baiknya Anda mengundang teman-teman Anda yang lain agar Anda tidak berduaan dengannya.


7. Melihat lawan jenis dengan nafsu


Mungkin menahan lapar dan haus terlihat berat, tapi ternyata yang lebih sulit adalah menjaga hawa nafsu. Melihat lawan jenis dengan nafsu tentunya tidak diperbolehkan saat Anda berpuasa karena bisa membuat pahala puasa Anda berkurang. Bahkan justru bisa membuat puasa anda batal, hati-hati dan memperbanyak istighfar anda.

Related Posts

Posting Komentar