Meski terlahir cacat, pria ini telah menghafal Al-Qur'an sehingga menjadi seorang ulama yang hebat


 Meski terlahir cacat, pria ini telah menghafal Al-Qur'an sehingga menjadi seorang ulama yang hebat

Pernah dengar nama Syeikh Ammar Bugis? Dia adalah seorang penghafal Alquran dan seorang sarjana di Jeddah.


Namun, ada yang berbeda pada dirinya dibandingkan dengan ulama pada umumnya. Dia adalah seorang penyandang disabilitas. Syeikh Ammar Bugis cacat fisik sejak lahir. Ia sendiri dikenal di Indonesia setelah kisahnya diungkap oleh Ustadz Yusuf Mansur.


Perjuangan hidup Syeikh Ammar Bugis diceritakan oleh Ustadz Yusuf Mansur melalui akun Facebooknya. Akhirnya viral di Indonesia.


Syeikh Ammar Bugis sebenarnya lahir di Amerika Serikat pada tanggal 22 Oktober 1986. Sejak lahir, ia lumpuh total dengan kepala yang tidak bisa menoleh ke kanan atau ke kiri. Kemudian, lidahnya juga keluar sejak lahir. Tapi, siapa sangka, ternyata Syeikh Ammar Bugis punya keunggulan tersendiri.


Ammar adalah cucu dari ulama Makassar, Abdul Muthalib Bugis. Kakeknya pindah dari Sulawesi ke Mekah untuk mengajar tafsir di Masjidil Haram.


Sejak usia 13 tahun, Syekh Ammar Bugis sudah hafal Alquran. Hanya butuh dua tahun untuk memperdalamnya.


Menurut Ustadz Yusuf Mansur, Ammar tidak pernah putus asa dalam menuntut ilmu. Bahkan, dia mengajar sebagai dosen di Universitas Dubai.


Kemudian, Ustadz Yusuf Mansur juga menyampaikan bahwa Syekh Ammar Bugis merupakan cerminan agar masyarakat terus bersyukur dan belajar serta beribadah lebih banyak lagi. Ammar benar-benar menginspirasi kita semua dengan keterbatasan dan sudut pandangnya yang luar biasa.


Selain itu, Ustaz Yusuf mengingatkan bahwa masih banyak umat Islam yang secara fisik sempurna namun masih meragukan kemampuannya sendiri. Apalagi tidak yakin dengan jaminan Allah.


Dengan fenomena Syeikh Ammar Bugis ini, kita sebagai manusia patut mensyukuri keadaan dan kemampuan kita.

Related Posts

Posting Komentar