Jangan minum teh saat sahur! Inilah alasannya


 Jangan minum teh saat sahur! Inilah alasannya


Teh seringkali menjadi pendamping makan orang dewasa. Dan, kebiasaan ini terbawa bahkan saat bulan puasa, khususnya saat sahur.


Teh dipilih karena dapat menambah energi dengan cepat, sehingga makan sahur tidak terhalang rasa kantuk. Namun dibalik itu, tahukah Anda bahwa minum teh saat sahur sangat tidak disarankan?


Padahal, teh merupakan jenis minuman yang mengandung kafein. Selain bisa mencegah kantuk, senyawa ini juga memiliki sifat diuretik alias menarik cairan (air dan garam) dari tubuh untuk dikeluarkan bersama urine. Sebab, kebiasaan minum teh saat sahur bisa meningkatkan intensitas buang air kecil di siang hari.


Nah, jika Anda sering buang air kecil saat berpuasa sementara asupan cairan Anda sangat terbatas, risiko dehidrasi semakin tinggi. Apalagi jika Anda terlanjur mengalami dehidrasi, sel-sel di dalam tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Akibatnya, keluhan berikut tidak bisa lagi dihindari:


• Haus yang berlebihan

• Kulit dan mata kering

• Bibir dan mulut kering

• Merasa lelah dan pusing

• Urine berwarna kuning tua

• Mata cekung

• Tekanan darah menurun dan denyut nadi meningkat


Selain teh, ada juga sejumlah minuman lain yang sebaiknya tidak Anda konsumsi saat sahur di bulan Ramadhan. Beberapa minuman tersebut adalah sebagai berikut:


1. kopi


Mirip dengan teh, minuman ini juga mengandung kafein di dalamnya. Seperti yang telah dibahas di atas, kafein bersifat diuretik, yang meningkatkan risiko dehidrasi saat berpuasa.


2. Minuman asam


Minuman asam menyebabkan asam lambung naik, yang akan mengganggu puasa Anda. Hal ini dikarenakan asam lambung yang meningkat dapat menimbulkan keluhan mual dan muntah, terutama bagi Anda yang mengalami maag atau maag.


3. Minuman bersoda


Sama seperti minuman asam, minuman bersoda juga bisa menimbulkan keluhan mual dan muntah pada penderita maag. Oleh karena itu, minuman jenis ini sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur.


4. Minuman manis


Minuman manis akan menyebabkan peningkatan insulin di dalam tubuh, sehingga Anda akan lebih cepat lapar di siang hari.


Dari pada minuman-minuman di atas, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa. Minuman seperti ini dapat membantu memuaskan dahaga, serta membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.


Nah, setelah mengetahui fakta medis di atas, apakah Anda masih ingin minum teh saat sahur? Semoga tidak.

Related Posts

Posting Komentar