CEK FAKTA: Viral Pengumuman Pertamina Tutup Semua SPBU Dukung PPKM Darurat, Benarkah?


 CEK FAKTA: Viral Pengumuman Pertamina Tutup Semua SPBU Dukung PPKM Darurat, Benarkah?


Beredar pengumuman bahwa Pertamina akan menutup sementara semua SPBU mereka. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan pembatasan kegiatan masyarakat darurat (PPKM).


Pengumuman itu beredar luas di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Dalam keterangannya, Pertamina mengatakan akan menutup sementara SPBU mulai 12 Juli 2021 hingga 17 Juli 2021.


Penutupan SPBU ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Pertamina untuk mendukung program pemerintah. Hal ini diharapkan dapat membantu menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19).


Narasi yang dibagikan adalah sebagai berikut:


"PENGUMUMAN

Penutupan Sementara SPBU

12 Juli 2021 - 17 Juli 2021.


Sebagai komitmen Pertamina untuk mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19


Jadi apakah pengumuman ini benar?


PENJELASAN


Berdasarkan penelusuran, pengumuman Pertamina untuk menutup semua SPBU adalah hoax.


Hal ini disampaikan langsung oleh Pertamina di akun media sosial mereka. Melalui Twitter resminya, Pertamina meminta masyarakat berhati-hati dengan hoax dan penipuan yang mengatasnamakan BUMN ini.


“Teman-teman hati-hati dengan segala bentuk hoax dan penipuan yang mengatasnamakan Pertamina ya,” pesan Pertamina di Twitter.


Lebih lanjut, Pertamina juga mengingatkan masyarakat untuk selalu mengecek dengan baik jika menerima informasi tentang Pertamina. Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungi call center Pertamina.


“Selalu waspada dan jangan lupa untuk selalu cek setiap informasi yang didapatkan. Bisa juga menghubungi Pertamina Call Center 135,” tulis keterangan dari Pertamina.


KESIMPULAN


Dari penjelasan diatas, pengumuman bahwa Pertamina akan menutup semua SPBU sebagai bentuk dukungan PPKM Darurat adalah hoax.


Pengumuman tersebut masuk dalam kategori konten menyesatkan.

Related Posts

Posting Komentar