Puluhan WNA Asal China Masuk Indonesia, Publik: Warga Sendiri Dilarang Mudik!


 Puluhan WNA Asal China Masuk Indonesia, Publik: Warga Sendiri Dilarang Mudik!


Kabar masuknya 85 WN China ke Indonesia pada Selasa (4/5/2021) ini dibenarkan oleh Kepala Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara.


Warga negara Tiongkok tersebut masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353


Tak hanya membawa warga negara China, pesawat itu juga diketahui membawa warga negara Indonesia (WNI).


Benar bahwa pada hari Selasa tanggal 4 Mei 2021 pukul 14.55 WIB, 85 WN China & 3 WNI mendarat di pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, "kata Arya.


Meski demikian, Arya mengklaim, warga Tionghoa yang datang ke Indonesia telah melewati prosedur yang ditetapkan.


Ia juga memastikan bahwa dokumen keimigrasian warga negara China telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dalam hal ini Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Tak hanya itu, pihaknya juga telah memastikan kelengkapan dokumen WNI termasuk visa sesuai Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020.


“Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, para penumpang sudah melalui pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri oleh KKP Kemenkes,” kata Arya.


“Secara imigrasi diketahui visa dan dokumen keimigrasiannya sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020,” lanjutnya.


Sebelumnya publik media sosial membahas video kedatangan puluhan WNI Tiongkok di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (4/5/2021). Mereka langsung dijemput saat sampai di bandara.


Kedatangan puluhan warga China tersebut sempat menuai kekecewaan netizen karena warga setempat saat ini dilarang mudik. Beberapa dari mereka bahkan dipaksa memutar balik.


Jadi ... Covid-19 tergolong virus pengecualian, tulis akun Banyu *** ih.


"Warga sendiri tidak bisa disuruh pulang, orang luar dipersilakan masuk. Pemerintah sehat?" Tulis netizen lainnya.


Sementara itu, pemerintah sendiri sebelumnya beralasan bahwa kebijakan pelarangan tersebut dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Related Posts

Posting Komentar