Puing-Puing KRI Nanggala 402 berhasil dievakuasi, cek faktanya


 Puing-Puing KRI Nanggala 402 berhasil dievakuasi, cek faktanya


Artikel berjudul "Tangisan Keluarga Korban Pecah, Tim Evakuasi Berhasil Mengangkat Puing KRI Nanggala 402 ke Permukaan" yang dimuat di situs haimoms[dot]blogspot.com pada 1 Mei 2021.


Di artikel tersebut, terdapat foto yang memperlihatkan bangkai kapal selam yang baru saja terangkat ke permukaan. Di bangkai kapal selam ini, Anda bisa melihat di atas kapal tulisan "402" yang dilingkari dengan warna merah. Selain memperlihatkan bangkai kapal selam, foto itu juga memperlihatkan sejumlah wanita, salah satunya sedang menangis. Ada juga dua wanita yang berpelukan.


Penjelasan


Berdasarkan hasil penelusuran, yang diklaim bahwa foto bangkai kapal selam bertuliskan "402" yang baru-baru ini diangkat ke permukaan adalah KRI Nanggala 402 adalah konten manipulasi.


Padahal, foto tersebut adalah foto yang sudah diedit. Foto tersebut diedit dengan menambahkan prasasti 402 pada foto bangkai kapal selam K-141 Kursk Rusia yang hancur dalam ledakan besar pada 12 Agustus 2000.


Foto kapal selam yang terlihat di thumbnail video tersebut identik dengan foto yang dimuat situs berbahasa Rusia, Oir Mobi, dalam artikelnya pada 18 Februari 2020 berjudul "Kursk Submarine". Namun, di foto ini, Anda tidak melihat tulisan "402" di atas perahu.


Foto yang sama juga dimuat Tempo pada 24 April 2021 dalam artikel berjudul "6 Kecelakaan Kapal Selam Terburuk Dalam Sejarah". Berdasarkan arsip berita Tempo, kecelakaan Kursk dianggap sebagai salah satu bencana kapal selam terparah yang dialami Rusia. K-141 Kursk, kapal selam rudal bertenaga nuklir Project 949A Antey-class (Oscar II) seberat 16.000 ton, hancur dalam ledakan besar pada 12 Agustus 2000.


Ledakan itu menewaskan 118 awak kapal selam. Kapal selam Kursk tenggelam selama latihan Angkatan Laut Armada Utara di Laut Barents. Dikutip dari Moscow Times, sebuah penyelidikan resmi menyimpulkan bahwa kegagalan salah satu torpedo berbahan bakar hidrogen peroksida milik Kursk memicu ledakan tersebut. Bencana kapal selam Kursk memicu kritik publik terhadap pemerintah Rusia dan Angkatan Laut.


Kesimpulan


Ini adalah foto yang sudah diedit. Foto tersebut diedit dengan menambahkan prasasti 402 pada foto bangkai kapal selam K-141 Kursk Rusia yang hancur dalam ledakan besar pada 12 Agustus 2000.

Related Posts

Posting Komentar