Muncul benjolan putih kecil di pipi dan hidung bayi, apakah berbahaya? Inilah penjelasannya


 Muncul benjolan putih kecil di pipi dan hidung bayi, apakah berbahaya? Inilah penjelasannya


Seringkali orang tua khawatir jika ada kelainan atau sesuatu yang tidak biasa muncul pada kulit anak seperti benjolan putih kecil pada wajah bayi, atau dalam istilah kedokteran disebut Milia.


Bentuk milia yang mirip dengan jerawat pada bayi dan sayangnya gaya hidup ibu seringkali menjadi pemicu yang dituding menjadi penyebab milia pada anak-anak mereka.


Padahal menurut Dermatologi dan Venereologi, dr. Jessica Lie, Sp.KK, apa yang ibu makan atau kondisi ibu bukan penyebab bayinya mengalami milia.


“Milia pasti sering dikaitkan karena ibunya makan atau karena ibunya gendut, anaknya banyak gendut, padahal tidak,” kata dr. Jessica dalam Live Instagram The Asian Parent, Rabu (19/5/2021).


Dokter kulit yang melayani konsultasi di Good Doctor ini mengaku belum ada penyebab pasti bayi mengalami milia, namun kondisi ini terjadi karena adanya sel kulit mati yang terperangkap di bawah kulit.


“Sehingga terlihat seperti benjolan kecil berwarna putih terutama di bawah hidung dan daerah pipi membentuk kista yang mengandung protein,” jelas dr. Jessica.


Meski demikian, kata dia, orang tua tidak perlu panik karena milia pada bayi akan hilang dengan sendirinya dan tanpa harus menjalani pengobatan apapun. Ditambah lagi kondisi ini tidak berbahaya bagi bayi.


“Bisa juga dioleskan pelembab, tidak dioleskan pelembab pun akan hilang sekitar 3 minggu hingga 1 bulan. Tenang, ini tidak berbahaya,” pungkasnya.

Related Posts

Posting Komentar