4 bahaya bagi tubuh jika langsung tidur setelah makan sahur


 4 bahaya bagi tubuh jika langsung tidur setelah makan sahur


Penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) dapat terjadi saat Anda tidur setelah makan sahur. Ini terjadi karena makanan yang Anda makan tidak dicerna dengan baik oleh tubuh. Posisi tidur mencegah katup lambung dan kerongkongan menutup sepenuhnya, memungkinkan asam lambung naik ke tenggorokan dan menciptakan sensasi terbakar.


2. Penambahan berat badan


Kondisi ini bisa terjadi karena Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar. Puasa juga mengurangi aktivitas yang selanjutnya dapat menumpuk lemak di tubuh. Itu sebabnya selama puasa Ramadhan, berat badan tidak akan berkurang.


Apalagi saat subuh, Anda mengonsumsi makanan jenis karbohidrat yang perlahan dicerna oleh tubuh. Makanan ini justru akan menjadi lemak yang meningkatkan berat badan.


3. Sembelit


Idealnya, tubuh membutuhkan waktu dua hingga tiga jam untuk mengosongkan perut. Posisi tidur setelah makan dapat menghambat proses pencernaan yang memicu sembelit atau susah buang air besar.


Penting juga bagi Anda untuk memilih makanan yang tepat saat sahur. Hindari makanan berlemak, mengandung gula dan kafein. Mengkonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya sembelit, karena makanan tidak dapat dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh.


4. Sakit tenggorokan


Salah satu efek samping dari gerd adalah sakit tenggorokan. Nyeri di tenggorokan disebabkan oleh asam lambung yang naik dan menyebabkan sensasi terbakar. Jika kondisi ini terus berlanjut, bisa menyebabkan peradangan.

Related Posts

Posting Komentar