Viral Video Bocah Kena Croup, Gejala Batuk Keras Seperti Menggonggong


 Viral Video Bocah Kena Croup, Gejala Batuk Keras Seperti Menggonggong


Sebuah video seorang bocah yang menderita croup menjadi viral. Bocah itu tidak berhenti batuk keras yang suaranya terdengar seperti menggonggong.


Video tersebut menjadi viral setelah dibagikan oleh akun Instagram @makassar_iinfo pada Jumat (18/6/2021).


Dalam video tersebut, bocah itu terus batuk dengan suara seperti gonggongan. Dia batuk keras dan tidak bisa berhenti menangis karena rasa sakit.


Bocah itu tampaknya menjalani pengobatan alternatif. Seorang pria yang diduga sebagai ayah terlihat menggendong anak itu dan memeluknya erat-erat.


Sementara seorang wanita terus memijat kepala di kanan dan kiri. Ia juga sesekali menekan dada bocah itu.


Lalu ada pria lain yang menekan berbagai titik di kepala bocah itu. Proses itu rupanya sangat menyakitkan bagi bocah itu karena dia kemudian berteriak dan berusaha melawan.


Keterangan video menyebutkan bahwa croup merupakan penyakit saluran pernapasan yang biasa dialami oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus.


"Croup adalah penyakit pernapasan pada anak-anak yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus," tulis akun tersebut dalam caption Instagram.


“Anak-anak yang menderita croup biasanya mengalami gejala yang khas, yaitu batuk yang keras seperti menggonggong,” jelas akun ini.


Mengenali Batuk Menggonggong


Batuk jenis ini akan terdengar seperti gonggongan anjing laut. Batuk menggonggong juga disebut sebagai batuk croup karena merupakan ciri khas croup.


Suara menggonggong ini disebabkan oleh peradangan pada saluran udara bagian atas, terutama yang berada di sekitar laring.


Croup adalah infeksi virus yang menyebabkan pembengkakan di sekitar saluran bronkial, trakea, dan laring. Akibatnya, penderita sulit bernapas dan mengalami batuk parah.


Kebanyakan orang yang menderita batuk jenis ini sembuh tanpa perawatan medis. Jika kondisinya sudah parah, dokter akan meresepkan antiradang untuk mengurangi penderita batuk.


Upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menjauhkan diri dari penderita croup lainnya. Juga, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan untuk mencegah penyebaran croup.

Related Posts

Posting Komentar